Offcanvas

When Should We Call You?

Edit Template

TRAINING KOMUNIKASI ORGANISASI

PELATIHAN KOMUNIKASI ORGANISASI

PENGERTIAN TRAINING KOMUNIKASI ORGANISASI

 

Komunikasi organisasi adalah proses vital yang memungkinkan sebuah entitas, baik itu perusahaan, lembaga, atau organisasi, untuk berfungsi secara efektif. Pengertian komunikasi organisasi meliputi pertukaran informasi, gagasan, dan pandangan antara anggota organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Dalam konteks ini, komunikasi organisasi memainkan peran kunci dalam membangun hubungan yang solid antara manajemen, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya. Pentingnya mengikuti komunikasi organisasi tidak dapat dilebih-lebihkan. Pertama, itu memastikan bahwa setiap anggota organisasi memiliki pemahaman yang jelas tentang misi, visi, dan tujuan perusahaan. Komunikasi yang efektif juga membantu mendorong kolaborasi dan keterlibatan yang kuat di antara tim, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi konflik. Selain itu, dengan mengikuti komunikasi organisasi, individu merasa dihargai dan didengar, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan kerja dan loyalitas terhadap organisasi. Komunikasi organisasi yang baik juga menciptakan lingkungan kerja yang terbuka dan transparan, di mana ide-ide dapat dibagikan, masalah dapat diselesaikan dengan cepat, dan inovasi didorong. Dengan demikian, mengikuti komunikasi organisasi bukan hanya suatu keharusan, tetapi juga merupakan fondasi yang kuat untuk kesuksesan dan keberlangsungan sebuah organisasi di dunia yang terus berubah dan bergerak cepat.

TRAINING KOMUNIKASI ORGANISASI

TUJUAN DAN MANFAAT KOMUNIKASI ORGANISASI

 

Tujuan:

  1. Menginformasikan: Tujuan utama komunikasi organisasi adalah untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada anggota organisasi tentang tujuan, kebijakan, prosedur, dan perubahan yang terjadi.
  2. Mengarahkan: Komunikasi organisasi membantu dalam mengarahkan anggota organisasi menuju tujuan yang sama, memastikan pemahaman yang jelas tentang visi perusahaan.
  3. Membangun Hubungan: Tujuan komunikasi organisasi juga termasuk membangun hubungan yang baik antara manajemen dan karyawan, serta antar-rekan kerja.
  4. Meningkatkan Keterlibatan: Komunikasi organisasi bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dengan memberikan platform untuk berbagi ide, masukan, dan keprihatinan.
  5. Memfasilitasi Kolaborasi: Komunikasi organisasi membantu dalam memfasilitasi kolaborasi antar departemen atau tim, mempromosikan kerja sama dan pencapaian bersama.

Manfaat:

  1. Meningkatkan Produktivitas: Komunikasi organisasi yang efektif dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan memastikan pemahaman yang jelas tentang tugas dan tujuan.
  2. Mengurangi Konflik: Komunikasi yang baik membantu dalam mengurangi konflik dengan mempromosikan pemahaman yang lebih baik antara anggota organisasi.
  3. Meningkatkan Kepuasan Kerja: Karyawan yang merasa didengar dan terlibat dalam proses komunikasi organisasi cenderung lebih puas dengan pekerjaan mereka.
  4. Memperkuat Budaya Organisasi: Komunikasi organisasi memainkan peran penting dalam memperkuat budaya organisasi dengan menyampaikan nilai-nilai, norma, dan tradisi yang dihargai.
  5. Mendorong Inovasi: Komunikasi yang terbuka dan inklusif dapat mendorong inovasi dengan memberikan platform bagi anggota organisasi untuk berbagi ide dan gagasan baru.
  6. Memperbaiki Citra Organisasi: Komunikasi yang transparan dan efektif dapat membantu memperbaiki citra organisasi di mata karyawan, pelanggan, dan masyarakat umum.
  7. Meningkatkan Loyalitas Karyawan: Karyawan yang merasa didengar dan dihargai melalui komunikasi organisasi cenderung lebih loyal terhadap perusahaan.
  8. Mengurangi Ketidakpastian: Komunikasi organisasi yang baik membantu mengurangi ketidakpastian di antara karyawan dengan memberikan informasi yang jelas tentang perubahan organisasi dan situasi eksternal.
  9. Meningkatkan Efisiensi Operasional: Komunikasi organisasi yang efektif mempercepat aliran informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional.
  10. Meningkatkan Keterbukaan dan Transparansi: Komunikasi organisasi yang transparan menciptakan lingkungan di mana informasi dapat dibagikan secara terbuka, membangun kepercayaan di antara anggota organisasi.

 

MATERI KOMUNIKASI ORGANISASI

 

Kursus: Komunikasi Organisasi

I. Pendahuluan

  • Pengenalan tentang Komunikasi Organisasi
  • Pentingnya Komunikasi dalam Konteks Organisasi
  • Sejarah dan perkembangan Komunikasi Organisasi

II. Teori Komunikasi Organisasi

  • Pengantar Teori Komunikasi
  • Teori Sistem dalam Komunikasi Organisasi
  • Teori Struktural dalam Komunikasi Organisasi
  • Teori Interaksi Simbolik dalam Komunikasi Organisasi

III. Proses Komunikasi Organisasi

  • Model Komunikasi Organisasi
  • Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Organisasi
  • Jenis-jenis Komunikasi dalam Organisasi (Verbal dan Nonverbal)

IV. Strategi Komunikasi Organisasi

  • Komunikasi Internal: Pengelolaan Komunikasi di dalam Organisasi
  • Komunikasi Eksternal: Membangun Citra dan Hubungan dengan Pemangku Kepentingan
  • Komunikasi Krisis: Manajemen Komunikasi dalam Situasi Krisis

V. Teknologi dan Komunikasi Organisasi

  • Pengaruh Teknologi Terhadap Komunikasi Organisasi
  • Media Sosial dan Komunikasi Organisasi
  • Penggunaan Alat Komunikasi Digital dalam Organisasi

VI. Budaya Organisasi dan Komunikasi

  • Pengertian Budaya Organisasi
  • Hubungan antara Komunikasi dan Budaya Organisasi
  • Mempromosikan Komunikasi yang Efektif dalam Budaya Organisasi

VII. Manajemen Konflik dan Negosiasi

  • Identifikasi dan Analisis Konflik dalam Organisasi
  • Strategi Penyelesaian Konflik
  • Keterampilan Negosiasi dalam Konteks Organisasi

VIII. Evaluasi dan Pengembangan Komunikasi Organisasi

  • Metode Evaluasi Komunikasi Organisasi
  • Peran Survei dan Feedback dalam Meningkatkan Komunikasi
  • Pengembangan Program Komunikasi Organisasi yang Berkelanjutan

IX. Studi Kasus dan Diskusi

  • Analisis Kasus-kasus Komunikasi Organisasi
  • Diskusi tentang Tantangan dan Peluang dalam Komunikasi Organisasi

X. Tugas dan Proyek

  • Penugasan Individu dan Kelompok terkait Komunikasi Organisasi
  • Proyek Penerapan Konsep Komunikasi Organisasi dalam Konteks Organisasi Nyata

XI. Ujian dan Evaluasi

  • Ujian Tengah Semester
  • Ujian Akhir Semester
  • Evaluasi Kinerja dan Partisipasi

XII. Penutup

  • Kesimpulan dan Pemantapan Konsep-konsep Komunikasi Organisasi
  • Refleksi atas Pembelajaran dan Penerapan Materi

 

PESERTA PELATIHAN KOMUNIKASI ORGANISASI

 

  1. Manajer dan Pimpinan Organisasi: Untuk memperbaiki keterampilan komunikasi dalam memimpin tim dan menyampaikan visi serta tujuan organisasi dengan jelas.
  2. Karyawan Baru: Untuk membantu mereka memahami budaya komunikasi organisasi dan prosedur yang berlaku di tempat kerja baru.
  3. Karyawan yang Berinteraksi dengan Klien atau Pelanggan: Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dalam melayani pelanggan, menangani pertanyaan, dan menyelesaikan masalah dengan efektif.
  4. Tim Proyek dan Tim Kerja: Untuk memperkuat kolaborasi dan koordinasi antar anggota tim, serta meningkatkan efisiensi komunikasi dalam mencapai tujuan proyek atau tugas.
  5. Departemen Sumber Daya Manusia: Untuk membantu dalam mengembangkan program pelatihan komunikasi organisasi bagi karyawan serta menangani konflik dan perubahan organisasi.
  6. Karyawan yang Terlibat dalam Presentasi dan Publik Speaking: Untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menyampaikan informasi dengan jelas, meyakinkan, dan menarik perhatian audiens.
  7. Individu yang Mengalami Kesulitan dalam Berkomunikasi: Untuk membantu mereka mengatasi hambatan dan meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal.
  8. Tim Manajemen Krisis: Untuk mempersiapkan mereka dalam mengelola komunikasi saat terjadi situasi krisis atau keadaan darurat dalam organisasi.
  9. Karyawan yang Bertanggung Jawab atas Media Sosial Organisasi: Untuk memahami etika dan praktik terbaik dalam menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dan masyarakat umum.
  10. Para Pemimpin Masa Depan: Untuk membekali mereka dengan keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk memimpin organisasi dalam lingkungan yang kompleks dan berubah dengan cepat.

PEMATERI/ TRAINER

Training Komunikasi Organisasi ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing.

JADWAL TRAINING TERBARU DI TAHUN 2024

Januari Februari  Maret April
16 -17 Januari 2024 13 – 14 Februari 2024 5 – 6 Maret 202 24 – 25 April 2024
Mei Juni Juli Agustus
21 – 22 Mei 2024 11 – 12 Juni 2024 16 – 17 Juli 2024 20 – 21 Agustus 2024
September Oktober  November  Desember
17 – 18 September 2024 8 – 9 Oktober 2024 12 – 13 November 2024 17 – 18 Desember 2024

Peserta dapat pesan / customize jadwal pelaksanaan training  selain tanggal yang sudah kami agendakan. 

 

Informasi dan Pendaftaran Training

Silahkan konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda kepada kami. Apabila ingin mengikuti  Training Komunikasi Organisasi  segera hubungi marketing representatif kami dibawah ini. Dapatkan promo menarik dan update jadwal training terbaru. Mari bersinergi dan berkembang bersama kami

Informasi lebih lanjut
Customer Service : +62 822-9767-5557 (Available WhatsApp)
email : cro.suryatraining@gmail.com

 

FAQ tentang Surya Training

A : Berapa minimal running pelatihan ini ?
Q : Pelatihan ini akan running idealnya minimal dengan 3 peserta

A : Apakah bisa jika saya hanya ingin pelatihan sendiri aja / private course ?
Q : Bisa, kami akan membantu menyelenggarakan pelatihan 1 hari jika ada persetujuan dari klien

A : Dimana saja pelatihan biasanya di selenggarakan?
Q : Pelatihan kami selenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Lombok dan beberapa negara seperti Singapore dan Malaysia

A : Apakah bisa diselenggarakan selain di kota lain?
Q : Penyelenggaraan pelatihan bisa diadakan di kota lain dengan minimal kuota 5 orang setiap kelas

A : Apakah bisa juga diselenggarakan secara IHT/ In House Training di Perusahaan klien ?
Q : Bisa diselenggarakan secara IHT di Perusahaan klien

A : Apakah jadwal bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien ?
Q : Jadwal pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan klien. Namun konfirmasi minimal 2 minggu sebelum pelaksaan pelatihan.

 

Popular Articles

Everything Just Becomes So Easy

Lorem Ipsum is simply dumy text of the printing typesetting industry lorem ipsum.

Most Recent Posts

  • All Post
  • Accounting
  • Administrasi
  • Advokat
  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Akademis
  • Arbitrase
  • Audit
  • Banking
  • Biologi
  • Bursa Efek
  • Business
  • Coal
  • Comertial
  • CSR
  • Cyber
  • Database
  • Design
  • Developer
  • Digital
  • Electrical
  • Entertinment
  • Event Organizer
  • Finance
  • General Affair
  • Geologi
  • Hidrologi
  • Hospitality
  • HSE
  • Hukum
  • Human Resources
  • Industri
  • Kargo
  • Karir
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Konstruksi
  • Laboratorium
  • Legal
  • Lingkungan
  • Litigasi
  • Logistic
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Marketing
  • Maskapai
  • Mechanical
  • Medis
  • Obligasi
  • Oil & Gas
  • Pendidikan
  • Pertambangan
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Procurement
  • Properti
  • Psikologis
  • Public Relation
  • Public Speaking
  • Public Training
  • Purchasing
  • Safety
  • Sertifikasi
  • Sipil
  • Software
  • Taxes
  • Teknologi
  • Topografi
  • Transportasi
  • Warehouse

DiklatBandung.com portal informasi training dan sertifikasi fix running di kota Bandung dan sekitarnya. 

Marketing Representative

Felish

Cindy

Company

Home

About Us

Services

Blog

Contact

Information

Schedule Training

Investment

Disclaimer

Privacy Statement

Terms of Service

© 2023 Created with DiklatBandung.com