Offcanvas

When Should We Call You?

Edit Template

TRAINING FINANCIAL TECHNOLOGY

PELATIHAN FINANCIAL TECHNOLOGY

 

PENGERTIAN FINANCIAL TECHNOLOGY

 

Financial Technology, atau lebih dikenal sebagai fintech, merujuk pada pemanfaatan teknologi dalam sektor keuangan untuk menyediakan layanan yang lebih efisien dan inovatif. Fintech telah mengubah lanskap keuangan dengan memperkenalkan solusi digital, seperti pembayaran online, pinjaman peer-to-peer, dan investasi robo-advisory. Mengikuti perkembangan fintech menjadi penting karena memberikan akses yang lebih mudah dan cepat ke layanan keuangan, terutama bagi mereka yang terbatas oleh akses geografis atau kurangnya infrastruktur keuangan tradisional. Selain itu, fintech juga membuka peluang investasi dan mengurangi biaya transaksi, membuatnya relevan bagi individu dan bisnis. Dengan mengadopsi fintech, masyarakat dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih efektif, meningkatkan inklusivitas keuangan, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Oleh karena itu, keterlibatan aktif dalam fintech menjadi suatu keharusan untuk mengikuti perkembangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan dalam era transformasi digital ini.

TRAINING FINANCIAL TECHNOLOGY

TUJUAN DAN MANFAAT FINANCIAL TECHNOLOGY

 

Tujuan Mengikuti Financial Technology (Fintech):

  • Efisiensi Transaksi: Memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan secara lebih cepat dan efisien tanpa ketergantungan pada infrastruktur keuangan tradisional.
  • Inklusi Keuangan: Menjangkau individu yang sebelumnya sulit diakses oleh lembaga keuangan konvensional, sehingga meningkatkan inklusi keuangan di berbagai lapisan masyarakat.
  • Akses Global: Fintech membuka pintu bagi akses global ke layanan keuangan, memungkinkan individu dan bisnis berpartisipasi dalam pasar keuangan internasional.
  • Inovasi Produk Keuangan: Mendorong inovasi dalam produk dan layanan keuangan, seperti pinjaman peer-to-peer, investasi robo-advisory, dan asuransi digital, yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik.
  • Biaya Transaksi Rendah: Menyediakan solusi keuangan dengan biaya transaksi yang lebih rendah, mengurangi beban biaya bagi individu dan bisnis.
  • Keamanan dan Privasi: Menawarkan solusi keamanan yang canggih dan perlindungan privasi bagi pengguna, mengatasi keprihatinan terkait keamanan data keuangan.
  • Peningkatan Akses Kredit: Membuka akses lebih luas ke layanan pinjaman, terutama bagi individu atau bisnis yang mungkin sulit mendapatkan akses ke kredit tradisional.

Manfaat Mengikuti Financial Technology (Fintech):

  • Kemudahan Akses: Fintech memberikan kemudahan akses ke berbagai layanan keuangan tanpa batasan geografis, memungkinkan individu untuk mengelola keuangan mereka dari mana saja.
  • Peningkatan Efisiensi: Proses transaksi yang lebih cepat dan efisien mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengakses dana atau menyelesaikan transaksi keuangan.
  • Diversifikasi Portofolio: Memungkinkan investor untuk dengan mudah diversifikasi portofolio mereka melalui platform investasi digital, meningkatkan peluang keuntungan dan mengurangi risiko.
  • Peningkatan Pengelolaan Keuangan: Fintech menyediakan alat pengelolaan keuangan pribadi yang canggih, membantu individu untuk melacak pengeluaran, mengelola anggaran, dan merencanakan keuangan mereka.
  • Hemat Biaya: Layanan fintech seringkali lebih hemat biaya dibandingkan dengan lembaga keuangan tradisional, sehingga dapat mengurangi beban finansial bagi pengguna.
  • Responsif Terhadap Kebutuhan Pengguna: Fintech dapat dengan cepat menyesuaikan produk dan layanan mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, memberikan pengalaman yang lebih personal.
  • Pemberdayaan Ekonomi: Melalui inklusi keuangan dan akses yang lebih mudah, fintech memberdayakan individu dan bisnis untuk mengambil kendali atas keuangan mereka sendiri.

 

MATERI FINANCIAL TECHNOLOGY

I. Pendahuluan

  1. Definisi dan Pengertian Fintech
  2. Aspek Teknologi dalam Keuangan
  3. Evolusi dan Sejarah Fintech
  4. Peran Fintech dalam Transformasi Keuangan
  5. Perubahan Paradigma Layanan Keuangan
  6. Dampak Transformasi Digital Terhadap Ekosistem Keuangan

II. Jenis-jenis Layanan Fintech

  1. Pembayaran Digital
  2. E-Wallet
  3. Mobile Banking
  4. Peer-to-Peer Payment
  5. Peer-to-Peer Lending
  6. Prinsip Kerja dan Manfaat
  7. Risiko dan Mitigasinya
  8. Investasi Digital
  9. Robo-Advisors
  10. Crowdfunding
  11. Asuransi Digital
  12. Fintech dalam Industri Asuransi
  13. Inovasi dan Tantangan

III. Teknologi Utama dalam Fintech

  1. Blockchain dan Cryptocurrency
  2. Pengenalan Teknologi Blockchain
  3. Peran Cryptocurrency dalam Keuangan Digital
  4. Big Data dan Analitik
  5. Pemanfaatan Big Data dalam Keuangan
  6. Analitik untuk Pengambilan Keputusan Keuangan
  7. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
  8. Aplikasi Kecerdasan Buatan dalam Fintech
  9. Chatbots dan Layanan Pelanggan

IV. Regulasi dan Keamanan

  1. Regulasi Fintech
  2. Kerangka Regulasi Global dan Lokal
  3. Tantangan dan Peluang
  4. Keamanan Fintech
  5. Keamanan Data dan Privasi
  6. Cybersecurity dalam Layanan Keuangan Digital

V. Tantangan dan Peluang

  1. Tantangan dalam Pengembangan Fintech
  2. Ketidakpastian Regulasi
  3. Kepercayaan Pengguna
  4. Peluang Bisnis dalam Fintech
  5. Model Bisnis yang Sukses
  6. Inovasi dan Peluang Pertumbuhan

VI. Studi Kasus

  1. Keberhasilan dan Tantangan Fintech Startups
  2. Implementasi Fintech di Berbagai Sektor Ekonomi

VII. Perkembangan Terkini dalam Fintech

  1. Inovasi dan Trend Terkini
  2. Prediksi dan Prospek Masa Depan Fintech

VIII. Diskusi dan Evaluasi

  1. Perdebatan Etika dalam Fintech
  2. Evaluasi Pengaruh Fintech terhadap Stabilitas Sistem Keuangan

IX. Keterlibatan Praktis

  1. Kunjungan ke Perusahaan Fintech (jika memungkinkan)
  2. Proyek atau Tugas Implementasi Fintech

X. Penutup

  1. Kesimpulan dan Ringkasan
  2. Pertanyaan dan Diskusi Terakhir
  3. Referensi dan Bacaan Tambahan

PESERTA PELATIHAN FINANCIAL TECHNOLOGY

 

  • Profesional Keuangan dan Akuntansi: Para akuntan dan profesional keuangan dapat memanfaatkan pelatihan fintech untuk memahami peran teknologi dalam mengelola keuangan, melibatkan diri dalam analisis data keuangan, dan memahami cara menggunakan alat keuangan digital.
  • Pegawai Lembaga Keuangan: Individu yang bekerja di lembaga keuangan tradisional seperti bank dan perusahaan asuransi dapat membutuhkan pelatihan fintech untuk mengintegrasikan teknologi baru ke dalam operasi mereka, meningkatkan efisiensi, dan menyediakan layanan yang lebih inovatif kepada pelanggan.
  • Wirausaha dan Pebisnis: Para wirausaha dan pebisnis yang ingin memahami cara menggunakan fintech untuk mengelola keuangan bisnis mereka, mendapatkan akses ke pendanaan melalui platform peer-to-peer lending, dan menggunakan solusi pembayaran digital.
  • Manajer Investasi dan Portofolio: Profesional di bidang investasi dan manajemen portofolio dapat memanfaatkan pelatihan fintech untuk memahami penggunaan robo-advisors, algoritma perdagangan, dan strategi investasi berbasis teknologi untuk mengelola portofolio secara efisien.
  • Pelaku Industri Perdagangan: Individu yang terlibat dalam industri perdagangan dan supply chain dapat memanfaatkan fintech untuk mengoptimalkan proses pembayaran, melakukan pelacakan transaksi, dan meningkatkan efisiensi rantai pasok.
  • Mahasiswa dan Akademisi: Mahasiswa dan akademisi di bidang keuangan, teknologi informasi, atau bisnis dapat memanfaatkan pelatihan fintech untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep dan aplikasi teknologi dalam konteks keuangan.
  • Pegawai Layanan Pelanggan: Para profesional yang bekerja dalam layanan pelanggan, terutama di sektor keuangan, dapat membutuhkan pelatihan fintech untuk memahami cara memberikan dukungan yang efektif kepada pelanggan yang menggunakan layanan keuangan digital.
  • Regulator dan Pihak Hukum: Para regulator keuangan dan profesional hukum yang ingin memahami implikasi hukum dan regulasi terkait fintech serta memastikan keamanan dan kepatuhan.
  • Individu dengan Minim Pengalaman Teknologi: Individu yang belum terbiasa dengan teknologi dan ingin memahami cara menggunakan aplikasi keuangan digital, melakukan transaksi online, dan mengelola keuangan pribadi dengan bantuan teknologi.
  • Pengambil Keputusan Bisnis: Para eksekutif dan pengambil keputusan tingkat atas di perusahaan yang ingin memahami dampak strategis dan keuangan dari adopsi teknologi keuangan dalam konteks bisnis mereka.

PEMATERI/ TRAINER

Training Financial Technology ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing.

JADWAL TRAINING TERBARU DI TAHUN 2024

Januari Februari  Maret April
16 -17 Januari 2024 13 – 14 Februari 2024 5 – 6 Maret 202 24 – 25 April 2024
Mei Juni Juli Agustus
21 – 22 Mei 2024 11 – 12 Juni 2024 16 – 17 Juli 2024 20 – 21 Agustus 2024
September Oktober  November  Desember
17 – 18 September 2024 8 – 9 Oktober 2024 12 – 13 November 2024 17 – 18 Desember 2024

Peserta dapat pesan / customize jadwal pelaksanaan training  selain tanggal yang sudah kami agendakan. 

 

Informasi dan Pendaftaran Training

Silahkan konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda kepada kami. Apabila ingin mengikuti  Training Financial Technology  segera hubungi marketing representatif kami dibawah ini. Dapatkan promo menarik dan update jadwal training terbaru. Mari bersinergi dan berkembang bersama kami

Informasi lebih lanjut
Customer Service : +62 822-9767-5557 (Available WhatsApp)
email : cro.suryatraining@gmail.com

 

FAQ tentang Surya Training

A : Berapa minimal running pelatihan ini ?
Q : Pelatihan ini akan running idealnya minimal dengan 3 peserta

A : Apakah bisa jika saya hanya ingin pelatihan sendiri aja / private course ?
Q : Bisa, kami akan membantu menyelenggarakan pelatihan 1 hari jika ada persetujuan dari klien

A : Dimana saja pelatihan biasanya di selenggarakan?
Q : Pelatihan kami selenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Lombok dan beberapa negara seperti Singapore dan Malaysia

A : Apakah bisa diselenggarakan selain di kota lain?
Q : Penyelenggaraan pelatihan bisa diadakan di kota lain dengan minimal kuota 5 orang setiap kelas

A : Apakah bisa juga diselenggarakan secara IHT/ In House Training di Perusahaan klien ?
Q : Bisa diselenggarakan secara IHT di Perusahaan klien

A : Apakah jadwal bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien ?
Q : Jadwal pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan klien. Namun konfirmasi minimal 2 minggu sebelum pelaksaan pelatihan.

 

Popular Articles

Everything Just Becomes So Easy

Lorem Ipsum is simply dumy text of the printing typesetting industry lorem ipsum.

Most Recent Posts

  • All Post
  • Accounting
  • Administrasi
  • Advokat
  • Agribisnis
  • Agrikultur
  • Agroteknologi
  • Akademis
  • Arbitrase
  • Audit
  • Banking
  • Biologi
  • Bursa Efek
  • Business
  • Coal
  • Comertial
  • CPO
  • CSR
  • Cyber
  • Database
  • Design
  • Developer
  • Digital
  • Ekspedisi
  • Ekspor & Impor
  • Electrical
  • Entertinment
  • Event Organizer
  • Finance
  • General Affair
  • Geologi
  • Hidrologi
  • Hospitality
  • HSE
  • Hukum
  • Human Resources
  • Humas
  • Industri
  • Kargo
  • Karir
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Konstruksi
  • Laboratorium
  • Legal
  • Lingkungan
  • Litigasi
  • Logistic
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Maritim
  • Marketing
  • Maskapai
  • Mechanical
  • Medis
  • Militer
  • Multimedia
  • Nirlaba
  • Obligasi
  • Oil & Gas
  • Pendidikan
  • Pensiun
  • Pertambangan
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Procurement
  • Properti
  • Psikologis
  • Public Relation
  • Public Speaking
  • Public Training
  • Purchasing
  • Safety
  • Sertifikasi
  • Sipil
  • Software
  • Sound System
  • Taxes
  • Teknologi
  • Topografi
  • Transportasi
  • Warehouse

DiklatBandung.com portal informasi training dan sertifikasi fix running di kota Bandung dan sekitarnya. 

Marketing Representative

Felish

Cindy

Company

Home

About Us

Services

Blog

Contact

Information

Schedule Training

Investment

Disclaimer

Privacy Statement

Terms of Service

© 2023 Created with DiklatBandung.com